PENGEMBANGAN SOAL OPEN-ENDED MENGGUNAKAN KONTEKS SUMATERA SELATAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS X SMA

Elva Mardayanti, Zulkardi Zulkardi, Budi Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan soal open-ended menggunakan konteks Sumatera Selatan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)  yang valid dan praktis di kelas X SMA. (2) Mengetahui efek potensial yang muncul dari pengembangan soal open-ended menggunakan konteks Sumatera Selatan materi SPLDV kelas X SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Design Research tipe Development Study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Muara Enim tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data adalah dengan walk through, analisis dokumen, dan tes. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Penelitian ini telah menghasilkan tujuh butir soal open-ended materi SPLDV untuk siswa kelas X SMA yang valid dan praktis. (2) Soal open-ended yang dikembangkan memiliki efek potensial yang positif terhadap hasil tes siswa dimana sebanyak 72,8 % siswa termasuk dalam kategori baik.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.1.3293.1-14


Keywords


Penelitian Pengembangan, Soal Open-Ended, Konteks Sumatera Selatan, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Full Text:

PDF

References


Akker, Jan V.D., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Design research from a curriculum perspective In Akker, Jan V.D., K. Gravemeijer, S. McKenney, & N. Nieveen Gr (Eds.): Educational design research (pp. 110-143).

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud RI.

Mustikasari, Zulkardi, & Aisyah, N. (2010). Pengembangan soal-soal Open-Ended pokok bahasan bilangan pecahan pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2),47-55.

Ngalimun. (2013). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Noer, Sri H. (2011). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan pembelajaran matematika berbasis masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1).

OECD. (2013). PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving, and Financial Literacy: OECD.

Sabandar. (2001). Aspek Kontekstual dalam Soal Matematika dalam Realistik Mathematics Education. Makalah: Disajikan pada Seminar Sehari tentang Realistik Mathematics Education UPI-Bandung.

Takahashi, A. (2005). What is The Open-Ended Aproach.Chicago :Depault University. Tersedia pada: http://www.docstoc.com/docs/2259444/An-Overview-What-is-The-Open-Ended-Approach. Di akses pada tanggal 14 Mei 2014.

Yusuf, M., Zulkardi, & Saleh, T. (2009). Pengembangan Soal-soal Open-Ended pada pokok bahaosan Segitiga dan Segiempat di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Zulkardi. (2006). Formative Evaluation :What, why, when, and how. (Online : diakses tanggal 5 Mei 2014 di http://www.oocities.org/zulkardi/books.html)

Zulkardi & Putri, R. I. I. (2006). Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Paper terseleksi dan dipublikasikan pada prosiding KNM 13 Semarang.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3293.1-14


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: