PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP, KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemamahan konsep (X1), kemampuan komunikasi (X2) dan kemampuan koneksi matematika (X3) terhadap kemampuan pemecahan masalah (Y); pengaruh kemampuan pemahaman konsep (X1) terhadap kemampuan komunikasi (X2), pengaruh kemampuan pemahaman konsep (X1) terhadap kemampuan koneksi (X3) dan pengaruh kemampuan komunikasi (X2) terhadap kemampuan koneksi (X3).Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif.Populasinya adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padang Jaya.Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik non-probability sampling,jenis sampel adalah sampel jenuh. Data dianalisis dengan teknik Analisis Jalurdengan taraf signifikasi 5%.Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh kemampuan pemahaman konsep yx1X1= 0,374), kemampuan komunikasi yx2X2=0,181), kemampuan koneksi (yx3X3=0,201) terhadap kemampuan pemecahan masalah; (2) pengaruh kemampuan pemahaman konsep x2x1X1=0,323) terhadap kemampuan komunikasi; (3) kemampuan pemahaman konsep x3x1X3=0,442) terhadap kemampuan koneksi, serta pengaruh kemampuan komunikasi x3x2X3= 0,470) terhadap kemampuan koneksi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asni,Y. (2013).Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Peningkatkan Kemampuan Koneksi Matematikadan Kecemasan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Talang Empat Bengkulu Tengah. Thesis: Universitas Bengkulu.
Dianne, A.(2003).Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dengan Menggunakan Metode Inkuiri.Program Pascasarjana (PPs) Universitas Pendidikan Indonesia.(Tesis tidak Dipublikasikan).
Eddy,I. (2012).Pengaruh Self-Efficacy, Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah serta Dampaknya terhadap Hasil Belajar Matematika. Thesis: Universitas Bengkulu.
Fajri, N. (2012). Korelasi Antara Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?=318217&val=6356&title=Korelasi%20Antara%20kemampuan%20koneksi%20dan%20Komunikasi%20matematis%20Siswa%20Dengan%20Menggunakan%20Pendekatan%20Contextual%20Teaching%20And%20Learrning (CTL). Diakses pada tanggal 4 Mei 2015.
Haji, S. (2011). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa melalui Pembelajaran Problem Posing. Makalah Disampaikan pada Seminar Nasional 2011. FKIP Universitas Bengkulu.
Hulukati, E. (2005). Mengembangkan kemampuan Komunikasi dan pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Model Pemebelajaran Generatif. Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia pada http://www.goole.com/#q=hulukati+2005%3A+kemampuan+komunikasiDiakses pada tanggal 30 April 2015.
Hariyadi, R. (2012).Definisi Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran. Tersedia pada http://id.shovoong.com/social-sciences/education/226415. Diakses pada tanggal 15 April 2015.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. America: Library of Congress Cataloguing.
Sya’roni. (2010). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Penalaran dan Komunikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Pokok Pythagoras di SMP Nusa Bangsa Demak Tahun Pelajaran 2010/2011.Undergraduate (S1) Thesis, IAIN Walisongo.
DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.3354.41-60
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in: