PENGEMBANGAN MATERI PELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK MATA KULIAH PROGRAM KOMPUTER
Meryansumayeka Meryansumayeka, Budi Mulyono
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi pelajaran untuk mata kuliah Program Komputer dengan memanfaatkan MoDELss (Moodle E-Learning for Sriwijaya Students). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menurut Rowntree. Ada tiga fase dalam penelitian ini: tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Subjek penelitian ini adalah semua siswa yang mengikuti mata kuliah Program Komputer di tahun akademik 20152016. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, dokumen online, wawancara, dan tes online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi pelajaran yang dikembangkan dalam kualitas yang baik yang dapat digunakan untuk kuliah Program Komputer namun demikian mteri pelajaran ini masih dibutuhkan penyempurnaan.
Arikunto, Suharsimi.(2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Djaali dan Pudji Mujiono. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo. Hasbullah. Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran dan Pembelajaran di Kalangan Guru SMK dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT). Makalah Seminar Internasional Revitalisasi Pendidikan Kejuruan dalam Pengembangan SDM Nasional.
Jung, Hyosook. (2002). The Design and Implementation of a Web-Based Teaching-Learning Model for Information Communication Technology Application Education. Springer-Verlag Berlin Heidelberg. ICWL. pp 56-68
Jun, Woochun. (2002). A Web-Based Motivation-Supporting Model for Effective Teaching-Learning. Springer-Verlag Berlin Heidelberg. ICWL. pp 44-55 MoDELss. Website pembelajaran berbasis ICT Unsri. http://elearning.unsri.ac.id/
Sigit, Bambang, Joko. (2008). Pengembangan Pembelajaran dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Unnes
Sudjana, Nana.(2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Surya,M. (2006). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Makalah pada Seminar â€Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan Jarak Jauh dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaranâ€,
Suryosubroto.(2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta Tessmer,
Martin. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations: Improving The Quality of Education and Training. London: Kogan Page.