PENGEMBANGAN MATERI PELAJARAN BERBASIS TIK UNTUK MATA KULIAH PROGRAM KOMPUTER

Meryansumayeka Meryansumayeka, Budi Mulyono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi pelajaran untuk mata kuliah Program Komputer dengan memanfaatkan MoDELss (Moodle E-Learning for Sriwijaya Students). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menurut Rowntree. Ada tiga fase dalam penelitian ini: tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Subjek penelitian ini adalah semua siswa yang mengikuti mata kuliah Program Komputer di tahun akademik 20152016. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, dokumen online, wawancara, dan tes online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi pelajaran yang dikembangkan dalam kualitas yang baik yang dapat digunakan untuk kuliah Program Komputer namun demikian mteri pelajaran ini masih dibutuhkan penyempurnaan.

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.2.3627.13-22


Keywords


Materi Pelajaran, E-learning, Penelitian Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.(2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Djaali dan Pudji Mujiono. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo. Hasbullah. Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran dan Pembelajaran di Kalangan Guru SMK dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT). Makalah Seminar Internasional Revitalisasi Pendidikan Kejuruan dalam Pengembangan SDM Nasional.

Jung, Hyosook. (2002). The Design and Implementation of a Web-Based Teaching-Learning Model for Information Communication Technology Application Education. Springer-Verlag Berlin Heidelberg. ICWL. pp 56-68

Jun, Woochun. (2002). A Web-Based Motivation-Supporting Model for Effective Teaching-Learning. Springer-Verlag Berlin Heidelberg. ICWL. pp 44-55 MoDELss. Website pembelajaran berbasis ICT Unsri. http://elearning.unsri.ac.id/

Sigit, Bambang, Joko. (2008). Pengembangan Pembelajaran dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Unnes

Sudjana, Nana.(2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Surya,M. (2006). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Makalah pada Seminar â€Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan Jarak Jauh dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaranâ€,

Suryosubroto.(2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta Tessmer,

Martin. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations: Improving The Quality of Education and Training. London: Kogan Page.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3627.13-22


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: