PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELIHAT BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI PERBANDINGAN

Dian Fitriana, M. Yusuf, Ely Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa menggunakan pendekatan saintifik yang valid dan praktis dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau development research dengan type formative evaluation yang terdiri dari dua tahapan yaitu preliminary dan formative evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 SMP Negeri 33 Palembang yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan melalui tes. Hasil penelitian ini telah menghasilkan lembar kerja siswa yang valid dan praktis yang sesuai dengan langkah-langkah pendekatan saintifik dan indikator berpikir kritis pada materi perbandingan dan juga mempunyai efek potensial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam kategori cukup baik dengan skor rata-rata kelas 60.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.2.3629.23-38


Keywords


Pengembangan, Perbandingan, Pendekatan Saintifik

Full Text:

PDF

References


Akker, J.v.d., (1999). Principles and Method of Development Research. Dalam J.v.d Akker (Ed.): Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Atsnan, M. F., dan Gazali, R.Y., (2013). Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta, 9 November 2013.

Bohori, M., (2015). Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berorientasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Fisika terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa. Jurnal Pillar of Physic Education. Vol. 1:161-168.

Djaali dan Muljono, P., (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia

Dole, S., Wright, T., Clarke, D., & Campus, P., (2009). Proportional Reasoning. Making Connection in Science and Mathematics (MC SAM), 1-18

Haryani, D., (2012). Membentuk Siswa Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika. Prosiding. Yogyakarta, 10 November 2012.

Kemdikbud. (2013). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemdikbud.

Kemdikbud. (2013). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemdikbud.

Leksono, J. W., (2014). Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO). Bandung: UPI.

OECD, (2014). PISA 2012 Result in Focus: What 15-years-olds Know and What They Can Do With They Know. http://www.oecd.org. Diakses pada tanggal 8 Juni 2015.

Plomp, T dan Nieveen, N., (2007). An Introduction in Educational Design Research. Shanghai: The East China Normal University

Rahmawati, (2015). Desain Pembelajaran Perbandingan dengan Menggunakan Kertas Berpetak di Kelas VII. Tesis. Palembang: PPs Universitas Sriwijaya.

Rohman. (2011). Pengembangan Soal-Soal Open-Ended pada Pokok Bahasan Pecahan untuk Melatih Berpikir Kritis di Kelas V SD Islam Az-Zahra Palembang. Tesis. Palembang: PPs Universitas Sriwijaya.

Rosyidah, R., (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Perbandingan SMP Kelas VII. Skripsi. Malang: FKIP Universitas Negeri Malang.

Rusiyanti, R. H., (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika,5(2):185-204.

Syahbana, A., (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Edumatica, 2(11):45-57.

Tessmer, M., (1993). Planning and Conducting Formative Evaluation: Improving The Quality of Education and Training. London: Kogan Pages

Utari, R. S., Putri, R. I. & Hartono, Y., (2015). Konteks Kebudayaan Palembang untuk Mendukung Kemampuan Bernalar Siswa SMP pada Materi Perbandingan. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2):27-37

Van de Walle, J. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah : Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga. The Critical Thinking Comunity. International Center for the Assessment of Higher Order Thinking. http://www.criticalthinking.org/pages/international-center-for-the-assessment-of-higher-order-thinking/589 diakses tanggal 20 Juni 2015.

Zulkardi. (2002). Alur Desain Formative Research. http://www.oocities.org/zulkardi/books.html Diakses tanggal 10 Juni 2015.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3629.23-38


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: