• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 1 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PELUANG DENGAN MENGGUNAKAN KATEGORI KESALAHAN WATSON | Susilawati | Jurnal Pendidikan Matematika

    ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 1 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PELUANG DENGAN MENGGUNAKAN KATEGORI KESALAHAN WATSON

    Susilawati Susilawati, Febrian Febrian

    Abstract


    Studi ini bertujuan untuk menganalisa dan mengklasifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan peluang. Subjek studi ini adalah 38 siswa dari kelas X MIA 3 di SMA Negeri 1 Tanjungpinang. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis yang memuat 5 butir soal uraian yang disusun dan divalidasi bersama oleh peneliti dan guru matematika kelas X MIA 3. Kesalahan yang dianalisis dikategorikan dengan menggunakan kategori kesalahan Watson diantaranya data tidak tepat (inappropriate data/id), prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ip), data hilang (ommited data/od), kesimpulan hilang (ommited conclusion/oc), konflik level respon (response level conflict/rlc), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/um), masalah hierarki keterampilan (skills hierarchy problem/shp), dan jenis kesalahan lain dalam kategori terakhir. Hasil analisis kesalahan menunjukkan persentase data tidak tepat sebesar 14,43 %, prosedur tidak tepat sebesar 12,08 %, data hilang sebesar 19,13%, kesimpulan hilang sebesar 21,14%, konflik level respon sebesar 1,34 %, manipulasi tidak langsung sebesar 12,75 %, serta persentase masalah hirarki keterampilan sebesar 19,13 %.

    DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.2.3630.39-52


    Keywords


    Peluang, Kesalahan Siswa, Kategori Kesalahan Menurut Watson

    Full Text:

    PDF

    References


    Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Departemen Pendidikan Nasional. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

    Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

    http://irwansahaja.blogspot.co.id/2014/06/pengertian-pembelajaran-matematika.html (diakses tanggal 22 Juni 2016)

    Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

    Winarsih, K. Ayu, dkk. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pengolahan Data SIswa Kelas VI SDN Baletbaru 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. PGSD Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jember.




    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3630.39-52


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: