PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA TIPE TIMSS MENGGUNAKAN KONTEKS RUMAH ADAT UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan soal-soal tipe TIMSS yang valid dan praktis menggunakan konteks Rumah Adat di SMP; (2)melihat efek potensial soal-soal tipe TIMSS terhadap kemampuan penalaran matematika siswa di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 9 Palembang sebanyak 32 orang. Pengumpulan data menggunakan analisis dokumen, dan tes soal tipe TIMSS. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan suatu produk soal tipe TIMSS menggunakan konteks Rumah Adat untuk siswa kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Valid tergambar dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan sudah baik berdasarkan content, konstruk, dan bahasa. Selain itu kevalidan soal tipe TIMSS ini tergambar setelah dilakukan analisis validasi butir soal pada siswa sebanyak 26 orang non subjek penelitian. Praktis tergambar dari hasil uji coba small group dimana sebagian besar siswa dapat menyelesaikan soal tipe TIMSS yang diberikan. (2) prototype soal tipe TIMSS yang dikembangkan memilki efek potensial yang positif terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Hasil yang diperoleh rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa dalam menjawab soal matematika tipe TIMSS sebesar 56 yang termasuk kategori baik.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akker, J.v.d. (1999). Principles adn Method of Development Research (Eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht : Kluwer Academic Publisher
Anggo, M. (2011). Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Edumatica, 01 (2), 35-42
Anisah. (2011). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika PPS UNSRI, 5 (2), 1 – 15
Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : PT. Bumi Aksara
Balitbang. (2011). Survei Internasional TIMSS. Diunduh dari http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timss pada tanggal 8 September 2013
Hayat, B., dan Yusuf, S. (2010). Mutu Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Hayati, S.D. (2013, 24 Februari). Mendikbud : Kurikulum Baru Mengacu Hasil PISA dan TIMSS. Tersedia pada http://www.jurnas.com/news/83662. Diakses pada tanggal 5 September 2013.
Ilma, R. (2011). Pembelajaran Materi Bangun Datar Melalui CeritaMenggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) LP3 UNM, 18 (2)
Kamaliyah. (2013). Developing the Sixth Level of PISA-Like Mathematics Problems for Secondary School Students. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 4 (1), 9-28
Kemdikbud. (2013). Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan RI : Menuntaskan Program Prioritas Pendidikan dan Kebudayaan 2013-2014. Tersedia pada www.srie.org:www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/sites/default/files/2013%20-%20Rembuknas%20-%20Arahan%20Mendikbud-bagian1.ppt diunduh pada tanggal 15 Januari 2014.
Kompas. (2013, 4 April). Soal Ujian Nasional Kategori Sulit Ditambah. Tersedia pada http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/04/04001915/Soal.Ujiam.Nasional.Kategori.Sulit.Ditambah. Diakses pada tanggal 15 Januari 2014.
Mayadiana, D.S. (2009). Suatu Alternative Pembelajaran Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jakarta : Cakrawala Maha Karya
Mullis, I., Martin, M.O, Ruddock, G.J.,O’Sullivan,C.Y., Preuschoff,C. (2009). TIMSS 2011 Assesment framework. Boston : TIMSS and PIRLS International Study Center.
Mullis, I.V.S & Martin, M.O. (2013). TIMSS 2015 Assesment framework. Boston : TIMSS and PIRLS International Study Center
Ministry of Education Singapore, (2009). The Singapore Model Methode for Learning Mathematics. Singapore : EPB Pan Pacifik
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.
Novita, R. (2012). Exploring Primary Student’s Problem Solving Ability by Doing Task Like PISA’s Question. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 3 (2), 133-150
Rizta, A. (2013). Pengembangan Soal-Soal Model TIMSS Untuk Mengukur Penalaran Matematis Siswa SMP. Tesis pada PPS UNSRI Palembang : Tidak diterbitkan
Rosnawati, R. (2013). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia Pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Penerapan MIPA, tanggal Mei 18, 2013. Universitas Negeri Yogyakarta
Shadiq, F. (2004). Penalaran, Pemecahan masalah dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar, tanggal 10 s.d. 23 Oktober 2004
Sumarmo, U. (2003). Daya dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Makalah disajikan pada seminar Sehari di Jurusan matematika ITB, Oktober 2003.
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. Philadelphia : Kogan Page
TMII. (2012). TMII Pesona Indah : Tentang TMII. Tersedia pada http://www.tamanmini.com/tentang-tmii.php. Diakses pada tanggal 5 September 2013. Wardhani, S.,& Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS (Modul Matematika SMP Program Bermutu). Yogyakarta : PPPPTK Matematika
Zulkardi. (2002). Developing a Learning Environtment on Realistics Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Thesis University of Twente. The Netherlands : Printpartners Ipskamp-Enschede
-----------. (2011). IP-PMRI : KLM PISA. Diakses dari http://p4mri.net/new/?p=481 pada tanggal 5 September 2013
Zulkardi dan Ilma, R. (2006). Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XIII, 2006.
DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3631.53-74
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in: