PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA BILINGUAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MUARA ENIM
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikansoal matematika berbahasa Inggris melalui penggunaan LKS Bilingual dalampembelajaran matematika di kelas X-C SMA Negeri 1 Muara Enim. Penelitian inimenggunakan desain penelitian tindakan kelas. Pembuatan instrumen penelitianmenggunakan konsep penelitian pengembangan, sampai dengan tahap smallgroup, serta desain Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.C SMA Negerin 1Muara Enim, berjumlah 34 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakanmetode walk through, tes hasil belajar, observasi, dokumentasi, dan angket.Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif. Khusus untuksoal tes digunakan analisis validitas dan reliabilitas soal tes. Berdasarkan hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS Bilingual dalampembelajaran matematika di kelas X-C SMA Negeri 1 Muara Enim dapatmeningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika berbahasaInggris. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatnyakemampuan siswa Kelas X-C SMA Negeri 1 Muara Enim dalam menyelesaikansoal matematika berbahasa Inggris dengan pencapaian kriteria ketuntasan minimal(KKM) mata pelajaran matematika sebesar 75% oleh sekurang-kurangnya 80%siswa tercapai. Banyaknya siswa yang mencapai KKM di atas, pada siklus Isebanyak 79% dan pada siklus II sebanyak 88%. Penulis menyarankan beberapahal, yaitu: 1) LKS Bilingual kiranya dapat dijadikan sebagai salah satu sumberbelajar yang dapat memberikan siswa kesempatan untuk mengkonstruksi sendiripengetahuannya, dan 2) para guru matematika, ataupun guru mata pelajaran lain,dapat menggunakan atau mengembangkan LKS Bilingual ini dalam kegiatanpembelajaran pada mata pelajaran masing-masing dan dapat menjadikannyasebagai motivasi untuk mengembangkan profesinya.
Kata kunci: Soal Matematika Berbahasa Inggris, Lembar Kerja Siswa Bilingual.