PENDESAINAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS NILAI PADA MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM

Meryansumayeka Meryansumayeka, Nyimas Aisyah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) yang bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran berbasis nilai. Penelitian ini melalui 4 tahapan yaitu tahapan persiapan, perancangan, pengembangan, dan tahap akhir. Subjek penelitian adalah subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Telaah Kurikulum pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Data dikumpulkan melalui observasi video yang dilakukan bertujuan untuk mengamati aktivitas belajar dan wawancara. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan analisis nilai, nilai – nilai pendidikan matematika yang muncul diantaranya keterbukaan, kejelasan, sistematisasi, kreatifitas, membuka pikiran, dan konjektur.


Keywords


Penelitian Pengembangan, Pendekatan Analisis Nilai

Full Text:

PDF

References


Bishop. A.J. 2000. Why study values in mathematics teaching: contextualising the VAMP project i? McNamara, O. (Ed.) Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics 24(2) June 2004

Murniati, Baiqi. 2011. Pengaruh Pendekatan Analisis Nilai Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Sikap Kepedulian Sosial Peserta Didik (Studi Eksperimen Kuasi di kelas VII SMPN 1 Praya Barat kabupaten Lombok Tengah). Edisi Khusus No. 2, Agustus 2011.

Prabowo, Ardhi. 2009. Belajar dan Pendekatan Pembelajaran Matematika. http://blog.unnes.ac.id/ardhi/2009/03/15/belajar-dan-pendekatan-pembelajaran-matematika/ . Diakses tanggal 30 Oktober 2011

Suharjo, Bambang. 2007. Moral Values in Mathematics Education Through Cooperative learning; A Possibility Values Education for 2th Grade Primary School Pupils. Jurnal Logos Vol.5 No.1 th 2007.

Zakaria, Teuku Ramli. 2004. Pendekatan-Pendekatan Pendidikan Nilai DanImplementasi Dalam Pendidikan Budi Pekerti. http://groups.yahoo.com/group/pakguruonline/message/131. Diakses tanggal 30 Oktober 2011.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.7.1.4091.


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: