PENDESAINAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS NILAI PADA MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM
Meryansumayeka Meryansumayeka, Nyimas Aisyah
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) yang bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran berbasis nilai. Penelitian ini melalui 4 tahapan yaitu tahapan persiapan, perancangan, pengembangan, dan tahap akhir. Subjek penelitian adalah subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Telaah Kurikulum pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Data dikumpulkan melalui observasi video yang dilakukan bertujuan untuk mengamati aktivitas belajar dan wawancara. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan analisis nilai, nilai – nilai pendidikan matematika yang muncul diantaranya keterbukaan, kejelasan, sistematisasi, kreatifitas, membuka pikiran, dan konjektur.
Keywords
Penelitian Pengembangan, Pendekatan Analisis Nilai
Bishop. A.J. 2000. Why study values in mathematics teaching: contextualising the VAMP project i? McNamara, O. (Ed.) Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics 24(2) June 2004
Murniati, Baiqi. 2011. Pengaruh Pendekatan Analisis Nilai Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Sikap Kepedulian Sosial Peserta Didik (Studi Eksperimen Kuasi di kelas VII SMPN 1 Praya Barat kabupaten Lombok Tengah). Edisi Khusus No. 2, Agustus 2011.
Prabowo, Ardhi. 2009. Belajar dan Pendekatan Pembelajaran Matematika. http://blog.unnes.ac.id/ardhi/2009/03/15/belajar-dan-pendekatan-pembelajaran-matematika/ . Diakses tanggal 30 Oktober 2011
Suharjo, Bambang. 2007. Moral Values in Mathematics Education Through Cooperative learning; A Possibility Values Education for 2th Grade Primary School Pupils. Jurnal Logos Vol.5 No.1 th 2007.
Zakaria, Teuku Ramli. 2004. Pendekatan-Pendekatan Pendidikan Nilai DanImplementasi Dalam Pendidikan Budi Pekerti. http://groups.yahoo.com/group/pakguruonline/message/131. Diakses tanggal 30 Oktober 2011.