• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENDESAINAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS NILAI PADA MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM | Meryansumayeka | Jurnal Pendidikan Matematika

    PENDESAINAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS NILAI PADA MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM

    Meryansumayeka Meryansumayeka, Nyimas Aisyah

    Abstract


    Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) yang bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran berbasis nilai. Penelitian ini melalui 4 tahapan yaitu tahapan persiapan, perancangan, pengembangan, dan tahap akhir. Subjek penelitian adalah subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Telaah Kurikulum pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Data dikumpulkan melalui observasi video yang dilakukan bertujuan untuk mengamati aktivitas belajar dan wawancara. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan analisis nilai, nilai – nilai pendidikan matematika yang muncul diantaranya keterbukaan, kejelasan, sistematisasi, kreatifitas, membuka pikiran, dan konjektur.


    Keywords


    Penelitian Pengembangan, Pendekatan Analisis Nilai

    Full Text:

    PDF

    References


    Bishop. A.J. 2000. Why study values in mathematics teaching: contextualising the VAMP project i? McNamara, O. (Ed.) Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics 24(2) June 2004

    Murniati, Baiqi. 2011. Pengaruh Pendekatan Analisis Nilai Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Sikap Kepedulian Sosial Peserta Didik (Studi Eksperimen Kuasi di kelas VII SMPN 1 Praya Barat kabupaten Lombok Tengah). Edisi Khusus No. 2, Agustus 2011.

    Prabowo, Ardhi. 2009. Belajar dan Pendekatan Pembelajaran Matematika. http://blog.unnes.ac.id/ardhi/2009/03/15/belajar-dan-pendekatan-pembelajaran-matematika/ . Diakses tanggal 30 Oktober 2011

    Suharjo, Bambang. 2007. Moral Values in Mathematics Education Through Cooperative learning; A Possibility Values Education for 2th Grade Primary School Pupils. Jurnal Logos Vol.5 No.1 th 2007.

    Zakaria, Teuku Ramli. 2004. Pendekatan-Pendekatan Pendidikan Nilai DanImplementasi Dalam Pendidikan Budi Pekerti. http://groups.yahoo.com/group/pakguruonline/message/131. Diakses tanggal 30 Oktober 2011.




    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.7.1.4091.


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: