ANALISIS KESULITAN BELAJAR STRUKTUR ALJABAR PADA MAHASISWA SEMESTER III JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI RIAU TAHUN AJARAN 2015/2016

Astuti Astuti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dimana letak kesulitan belajar dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar struktur aljabar yang dialami oleh mahasiswa agar nilai struktur aljabar lebih baik dan memuaskan sehingga mahasiswa termotivasi untuk mengikuti mata kuliah struktur aljabar. Subjek penelitian yang diambil yaitu mahasiswa semester III tahun pelajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, metode observasi dan metode wawancara. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang daftar nama mahasiswa yang dijadikan susbjek penelitian. Metode tes digunakan untuk memperoleh data penyelesaian mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar.metode observasi diguankan untuk mengetahui kondisi objektif saat kegiatan belajar mengajar struktur aljabar dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran. Metode wawancara dilakukan untuk mengetahui secara jelas permasalahan yang dihadapi mahasiswa ketika belajaar struktur aljabar. Letak kesulitan mahasiswa dalam belajar struktur aljabar yaitu pada bagian pemecahan masalah, konsep dan keterampilan. Kesulitan yang paling tinggi dialami oleh siswa adalah pada bagian pemecahan masalah dengan persentase 62,5%. Kesulitan lain yang dialami oleh mahasiswa yaitu kesulitan dalam konsep dengan persentase 50%. Kesulitan yang terkahir dialami oleh mahasiswa yaitu kesulitan pada keterampilan dengan persentase 45,7%.


Keywords


Analisis Kesulitan, Struktur Aljabar

References


Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Anurahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Furqon, L. (2007). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 8 Malang pada Pokok Bahasan Lingkaran dan Pengajaran Remedialnya.

Margono. (2000). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Soemanto, W. (2006). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Nisa’, K. (2011). Analisis Kesulitan Bealajar Matematika pada peserta Didik Kelas VIII Semester II Pokok Bahasan Panjang garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran MTs Negeri bonang Tahun Pelajaran 2010/2011.

Sudijono, A. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Sugiono. (2005). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sujana, N. (2008). Penilian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda karya

Suryabrata, S. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo

Syamsuddin, A. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya

Wakitri. (1990). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Karunika




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4142.%25p


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm.unsri@gmail.com

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View JPM Stats


Indexed in: