ANALISIS KESULITAN BELAJAR STRUKTUR ALJABAR DI STKIP PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar struktur aljabar untuk memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian yang diambil yaitu mahasiswa semester III tahun pelajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, observasi dan wawancara. Alasan kesulitan mahasiswa dalam belajar struktur aljabar yaitu pada bagian pemecahan masalah, konsep dan keterampilan. Kesulitan yang paling tinggi dialami oleh siswa adalah pada bagian pemecahan masalah dengan persentase 62,5%. Kesulitan lain yang dialami oleh mahasiswa yaitu kesulitan dalam konsep dengan persentase 50%. Kesulitan yang terkahir dialami oleh mahasiswa yaitu kesulitan pada keterampilan dengan persentase 45,7%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Anurahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Furqon, L. (2007). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 8 Malang pada Pokok Bahasan Lingkaran dan Pengajaran Remedialnya. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Aisah, I. (2017). Modul Struktur Aljabar 1. Bandung: Universitas Padjadjaran.
Margono. (2000). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Soemanto, W. (2006). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nisak, K. (2011). Analisis Kesulitan Bealajar Matematika pada peserta Didik Kelas VIII Semester II Pokok Bahasan Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran MTs Negeri Bonang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.
Sudijono, A. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Sugiono. (2005). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. (2008). Penilian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, S. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo.
Syamsuddin, A. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya.
Wakitri. (1990). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Karunika.
DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4142.73-80
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in: