PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis open-ended problem yang valid dan praktis serta untuk mengetahui efek potensialnya terhadap hasil belajar peserta didik pada materi segiempat kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitiannnya adalah peserta didik kelas VII.5 SMP Negeri 18 Palembang Indonesia, sebanyak 30 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah walkthrough, dokumentasi, wawancara, dan tes soal open-ended. Hasil analisis data dapat disimpulkan, bahwa: (1)Penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis open-ended problem pada materi segiempat yang valid dan praktis. (2)LKPD yang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu LKPD yang telah dikembangkan ini dapat digunakan oleh peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afgani, J. (2010). Pendekatan Open Ended dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Andriani, J. (2014). Model Application of Missouri Mathematics Project Cognitive Ability to Improve Student I Comparative Materials and Scale Primary School. Jurnal Online. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.http://repository.upi.edu/15383/PGSD_1003428_abstract.pdf. Diakses pada tanggal 15 November 2016
Arliani, E. Pengembangan LKS Berbasis Open Ended dalam Pembelejaran Matematika. Jurnal Online. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. http://staff.uny.ac.id/sites/default/ppm-pengembangan-ppm-lks-berbasis- masalah- open-ended.pdf. Diakses pada tanggal 29 Mei 2016
Becker, J. & Shimida, S. (1997). The Open Ended Approach: A New Prposal for Teaching Mathematics. Reston, VA : NCTM
Fauziah, Zulkardi, Putri, Desain pembelajaran materi belah ketupat menggunakan kain jumputan Palembang untuk siswa kelas VII. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif . 7(1). 31-40.
Haris, D., & Putri, R.I.I. (2011). The role of context in third graders’ learning of area measurement. Journal on Mathematics Education, 2(1), 55-66.
Kemendikbud. (2013). Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Madrasah Tsnawiyah (MTs). Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2015). Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Standar Proses. Jakarta : Kemendikbud
Kemendikbud. (2014). Metode Open Ended. http://ditpsmp.kemendikbud.go.id/... /68- metode-open-ended. Diakeses pada tanggal 10 Januari 2017
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud
Kurniawan, H., Putri, R.I.I, Hartono, Y. (2018). Developing open-ended question for surface area and volume of beam. Journal on Mathematics Education 9(1) pp. 157-168.
Lidyawati, S. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Open Ended untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal. Palembang : Pascasarjana Unsri
Lismarni, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Materi Aritmatika Sosial Menggunakan Konteks Bahan Bakar Minyak dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di SMP. Jurnal Online. Palembang : Pascasarjana Unsri
Pambudi, D.S. (2007). Berbagai Alternatif Model dan Pendekatan dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1 Nomor 2
Rohman, M. dan Amri, S. (2013). Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustakarya.
Sawada, T. (1997). Developing Lesson Plans In Becker, J. & Shimida. The Open Ended Approach: A New Prposal for Teaching Mathematics. Reston, VA : NCTM
Shadiq, F. (2007). Penalaran atau Reasoning Perlu dipelajari Siswa di Sekolah?. Jurnal Online. https://fadjarp3g.files.wordpress.com/2007/09/ok- penalaran_gerbang_.pdf. Diakses pada tanggal 10 Januari 2017
Syarifuddin. (2008). Pendekatan Open Ended Problem dalam Matematika. Jurnal Online. http ://www.psb-psma.org/content/blog/pendekatan-open-ended- problem-dalam- matematika. Diakses pada tanggal 9 Januari 2017
Widjajanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Jurnal Online. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada tanggal12 Januari 2017
Yuliana, E. (2015). Pengembangan Soal Open Ended pada Pembelajaran Matematika untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA) 2015, Palembang : Pascasarjana Unsri
Yusuf, M. (2009). Pengembangan SOal-Soal Open Ended pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat di SMP. Jurnal. Palembang : Pascasarjana Unsri
Zulkardi. (2002). Developing a Learning Environment on Realistics Mathematics Education for Indonesia Student Teachers. Disertasi. University of Twentee.http://projects.edte.utwentee.ni/cascode/imei/dissertation/disertasi .html. Diakses pada tanggal 16 November 2016
Zulkardi. (2006). Formative Evaluation: What, Why, When, How. Jurnal Online. http://www.reocities.com/zulkardi/reviewzulkardi.html. Diakses pada tanggal 13 Januari 2017
DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4318.47-62
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in: