PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII

Fanny Khairul Putri Apertha, Zulkardi Zulkardi, Muhamad Yusup

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis open-ended problem yang valid dan praktis serta untuk mengetahui efek potensialnya terhadap hasil belajar peserta didik pada materi segiempat kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitiannnya adalah peserta didik kelas VII.5 SMP Negeri 18 Palembang Indonesia,  sebanyak 30 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah walkthrough, dokumentasi, wawancara, dan tes soal open-ended. Hasil analisis data dapat disimpulkan, bahwa: (1)Penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis open-ended problem pada materi segiempat yang valid dan praktis. (2)LKPD yang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu LKPD yang telah dikembangkan ini dapat digunakan oleh peserta didik.


Keywords


Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Open-Ended Problem, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Afgani, J. (2010). Pendekatan Open Ended dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Andriani, J. (2014). Model Application of Missouri Mathematics Project Cognitive Ability to Improve Student I Comparative Materials and Scale Primary School. Jurnal Online. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.http://repository.upi.edu/15383/PGSD_1003428_abstract.pdf. Diakses pada tanggal 15 November 2016

Arliani, E. Pengembangan LKS Berbasis Open Ended dalam Pembelejaran Matematika. Jurnal Online. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. http://staff.uny.ac.id/sites/default/ppm-pengembangan-ppm-lks-berbasis- masalah- open-ended.pdf. Diakses pada tanggal 29 Mei 2016

Becker, J. & Shimida, S. (1997). The Open Ended Approach: A New Prposal for Teaching Mathematics. Reston, VA : NCTM

Fauziah, Zulkardi, Putri, Desain pembelajaran materi belah ketupat menggunakan kain jumputan Palembang untuk siswa kelas VII. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif . 7(1). 31-40.

Haris, D., & Putri, R.I.I. (2011). The role of context in third graders’ learning of area measurement. Journal on Mathematics Education, 2(1), 55-66.

Kemendikbud. (2013). Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Madrasah Tsnawiyah (MTs). Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2015). Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Standar Proses. Jakarta : Kemendikbud

Kemendikbud. (2014). Metode Open Ended. http://ditpsmp.kemendikbud.go.id/... /68- metode-open-ended. Diakeses pada tanggal 10 Januari 2017

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud

Kurniawan, H., Putri, R.I.I, Hartono, Y. (2018). Developing open-ended question for surface area and volume of beam. Journal on Mathematics Education 9(1) pp. 157-168.

Lidyawati, S. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Open Ended untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal. Palembang : Pascasarjana Unsri

Lismarni, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Materi Aritmatika Sosial Menggunakan Konteks Bahan Bakar Minyak dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di SMP. Jurnal Online. Palembang : Pascasarjana Unsri

Pambudi, D.S. (2007). Berbagai Alternatif Model dan Pendekatan dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1 Nomor 2

Rohman, M. dan Amri, S. (2013). Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustakarya.

Sawada, T. (1997). Developing Lesson Plans In Becker, J. & Shimida. The Open Ended Approach: A New Prposal for Teaching Mathematics. Reston, VA : NCTM

Shadiq, F. (2007). Penalaran atau Reasoning Perlu dipelajari Siswa di Sekolah?. Jurnal Online. https://fadjarp3g.files.wordpress.com/2007/09/ok- penalaran_gerbang_.pdf. Diakses pada tanggal 10 Januari 2017

Syarifuddin. (2008). Pendekatan Open Ended Problem dalam Matematika. Jurnal Online. http ://www.psb-psma.org/content/blog/pendekatan-open-ended- problem-dalam- matematika. Diakses pada tanggal 9 Januari 2017

Widjajanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Jurnal Online. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada tanggal12 Januari 2017

Yuliana, E. (2015). Pengembangan Soal Open Ended pada Pembelajaran Matematika untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA) 2015, Palembang : Pascasarjana Unsri

Yusuf, M. (2009). Pengembangan SOal-Soal Open Ended pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat di SMP. Jurnal. Palembang : Pascasarjana Unsri

Zulkardi. (2002). Developing a Learning Environment on Realistics Mathematics Education for Indonesia Student Teachers. Disertasi. University of Twentee.http://projects.edte.utwentee.ni/cascode/imei/dissertation/disertasi .html. Diakses pada tanggal 16 November 2016

Zulkardi. (2006). Formative Evaluation: What, Why, When, How. Jurnal Online. http://www.reocities.com/zulkardi/reviewzulkardi.html. Diakses pada tanggal 13 Januari 2017




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4318.47-62


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: