TAHAP PRELIMINARY RESEARCH PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL UNTUK MATERI MATEMATIKA SEMESTER 1 KELAS VIII SMP

Zulfah Zulfah

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah sebagai salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki peserta didik. Ada beberapa factor penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah. Salah satunya adalah tidak tersedianya bahan ajar yang memudahkan siswa untuk tumbuh dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (TMSW) berdasarkan Problem Based Learning (PBL) untuk semester pertama materi matematika yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain. Penelitian ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, Untuk tahap pertama yaitu tahap awal penelitian dilakukan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, analisis konsep, serta analisis bahan ajar yang ada. Pada tahap prototipe, ia mulai merancang materi matematika berbasis TMSW berbasis PBL untuk semester pertama, kemudian melakukan evaluasi formatif untuk mengetahui validitas dan kepraktisan produk dalam bentuk TMSW berdasarkan PBL. Yang terakhir adalah tahap penilaian, tahap ini adalah untuk menguji kepraktisan dan efektivitas penilaian. Efektivitasnya bisa dilihat melalui eksperimen kuasi

Keywords


Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, Tahap Preliminary Research, LKPD Berbasis PBL

References


Hudojo, Herman. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Permendiknas No 58 tahun 2014. (2014). Jakarta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana.

Prastowo, Andi. (2010). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Kunandar. (2011). Guru Profesional: Impelentasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Wena, Made. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Plomp, T and Nieveen, N. (2013). An Introduction to Educational Design Research. Enschede: Netherland Institute for Curriculum Development (SLO)

TIM MKPBM. (2001). Common Text Book; Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Penerbit JICA-UPI.

Budiningsih. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4646.%25p


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm.unsri@gmail.com

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View JPM Stats


Indexed in: