PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 PALEMBANG

Ranni Permatasari, Ratu Ilma Indra Putri, Indaryanti Indaryanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan pendekatan scientific di kelas VIII.11 SMP Negeri 9 Palembang. Pendekatan Scientific merupakan pendekatan dimana siswa diajak untuk melakukan proses pencarian pengetahuan, menemukan sendiri berbagai fakta, mengkonstruk pengetahuan, membangun konsep, dan nilai-nilai baru yang diperlukan untuk kehidupannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific pada materi bangun ruang sisi datar dikategorikan baik dengan persentase sebesar 77,46% dan hasil belajar untuk ranah sikap siswa mencapai ketuntasan sebesar 70,37%, hasil belajar untuk ranah keterampilan kinerja siswa mencapai ketuntasan sebesar 77,78%, serta hasil belajar untuk ranah pengetahuan siswa mencapai ketuntasan sebesar 92,59% dari 27 orang siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan pendekatan scientific mencapai kategori baik dari segi ketuntasan belajar untuk ranah sikap, keterampilan dan pengetahuan.


Keywords


Pendekatan Scientific, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Azizah, Khusnaini. 2013. Pendekatan Scientific Bermuatan Karakter Siap Siaga Untuk Meningkatkan Keterampilan Mitigasi. Jurnal PGSD Universitas Lampung, 1 (8), 2013.

Cahyono, Adi. 2010. Vygotskian Perspective: Proses Scaffolding untuk mencapai Zone of Proximal Development (ZPD) Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang.

Cruickshank, Donald R., Deborah L. Bainer, Kim K. Metcalf. 1999. The Art of Teaching. Boston: Indiana University.

Efriana, Fanny. 2014. Penerapan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN Palu Barat Pada Materi Keliling Dan Luas Daerah Layang-Layang. eJournal Pendidikan Matematika Tadulako, 1 (2).

Hidayati, Nurul. 2014. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach ) dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII TITL 1 SMK Negeri 7 Surabaya pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 2 (2).

Hudojo, Herman. (1990). Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang : IKIP Malang.

Ine, Emanuela. 2015. Penerapan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar. eJournal Universitas Negeri Yogyakarta

Irfan, Erry. 2014. Peningkatan Kemampuan Menghitung Volume Kubus Dan Balok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi). Jurnal Didaktika Dwija Indria, 2 (4), April 2014.

Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2014. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kershaw, J. (2014). CK-12 Middle School Math Concepts - Grade 8.

Makatindu, Salfikri. 2013. Pengaruh Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar Kubus Dan Balok. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Gorontalo, 1 (4), Agustus 2013.

Mularsih, Heni. (2010). Strategi Pembelajaran, Tipe Kepribadian dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sosial Humaniora, 14 (1).

Nurhayati. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Skripsi. Universitas Pasundan

Rostika, D. (2008). Pembelajaran Volume Bangun Ruang Melalui Pendekatan Kontruktivisme untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9, April 2008.

Santrock, J. W., (2004). Educational psychology. (2nd ed). New York : McGraw Hill Companies, Inc.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning. Penerbit Nusa Media. Bandung

Taslimuharom, Tatang. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik Oleh Guru Konstruksi Bangunan Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung.

Trianto.2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyuni. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Handout Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Padang, 1 (2).

Wardoyo. 2013. Analisis Kesalahan Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Curup Tengah dalam Menyelesaikan Masalah Divergen Tentang Sistem Persamaan Linear Dua Peubah. Tesis. FKIP Universitas Bengkulu.

Winarni, Endang Widi. 2012. Inovasi dalam Pembelajaran IPA. Bengkulu: UnitPenerbitan FKIP UNIB.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.7.1.4649.


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: