KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN DI KELAS VII.D SMP NEGERI 51 PALEMBANG

Sicilia Firaisti, Yusuf Hartono, Cecil Hiltrimartin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu dalam penelitian ini digunakan lembar observasi untuk mengetahui gambaran bagaimana penerapan model pembelajaran Osborn dan menggunakan hasil tes untuk mengetahui kompetensi strategis (strategic competence) matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Osborn. Subjek penelitian ini 40 orang siswa kelas VII.D SMP Negeri 51 Palembang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disumpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Osborn baik untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika pada materi keliling dan luas bangun datar segitiga dan segiempat. Setiap langkah dalam pembelajaran Osborn terlaksana dengan baik namun terdapat satu tahap yakni tahap pengeraman yang tidak terlaksana dengan optimal. Dan berdasarkan hasil tes diperoleh bahwa kompetensi strategis (strategic competence) matematis siswa kelas VII.D SMP Negeri 51 Palembang terkategori baik dan dari ketiga indikator kompetensi strategis (strategic competence) matematis yaitu memformulasikan masalah, merepresentasikan masalah, dan menyelesaikan masalah, indikator merepresentasikan masalah yang paling sedikit tercapai oleh siswa.

Keywords


Model pembelajaran Osborn, keliling dan luas segitiga dan segiempat, Kompetensi strategis (strategic competence) matematis.

Full Text:

PDF

References


Afifah, L. N., Nurlaelah, E., & Usdiyana, D. 2011. “Model Pembelajaran Osborn untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswaâ€. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia.

Afrilianto, M. 2012. “Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinkingâ€. Jurnal Ilmiah program studi matematika. Tahun 2012 Vol 2 Nomor 2 September. Hal 192-202.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:Depdiknas

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. 2001. Adding it Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academy Press.

Kartini. 2009. “Peran Representasi dalam Pembelajaran Matematikaâ€. Prosiding. ISSN 978-979-16353-3-2. Hal 361-372.

Lisnawati, L. 2012. “Pengaruh Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMPâ€. Tesis.Bandung: Pendidikan Matematika Universitas Pasundan.

Osborn, A.F. 1979. “Applied Imagination: Principles and procedures of creative problem solving (3rd.rev.ed.).New York: Charles Scribner’s.[og.ed. 1953]â€

Samuelsson, J. 2010. “The Impact of Teaching Approaches on Students’ Mathematical Proficiency in Swedenâ€. International Electronic Journal of Mathematics Education, pp. 61-78.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.7.1.4653.


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: