PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS E - LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Meryansumayeka Meryansumayeka, M.Dimas Virgiawan, Sri Marlini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuis interaktif berbasis e-learning pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika dengan menggunakan aplikasi Wondershare Quiz Creator. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan modifikasi antara Rowntree dan Tessmer. Terdapat 3  tahap dalam penelitian ini yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Dalam proses pengembangannya, penelitian ini melibatkan ahli sebagai validator kuis interaktif yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika tahun ajaran 2016/2017. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa  kuis interaktif yang dikembangkan oleh peneliti ini dinyatakan valid  oleh para ahli yang menguji 3 aspek yaitu aspek materi, tampilan media serta design pembelajaran; dinyatakan  praktis berdasarkan hasil penelitian pada skala satu satu yaitu mengujicobakan produk pada 3 orang siswa yang berkemampuan berbeda dan pada skala kelompok kecil yang berjumlah 6 orang; serta efektif dari segi waktu dan ekonomi berdasarkan hasil uji coba lapangan.


Keywords


kuis interaktif; e-learning; Wondershare Quiz Creator; penelitian pengembangan

References


Agustina, M. 2013. Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Arikunto, Suharsimi.2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Eliya, R. 2015. Rasio Keefektifan Penyelenggaraan Sistem Evaluasi Bentuk Electronic Test Menggunakan Wondershare Quiz Creator Dan Paper Test Ditinjau Dari Tes Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aplikasi Pengolah Kata Di Man 1 Yogyakarta (Doctoral dissertation, UNY).

Hernawati, K. 2014. Membuat Quis/Evaluasi dengan Wondershare Quiz Creator.

INDRIANI, T. 2015. Pengembangan Kuis Interaktif Tipe True/False Untuk Melatih Kemampuan Eksplorasi Fenomena Fisika Siswa Sma.

Meryansumayeka, M., & Aisyah, N. 2013. Pendesainan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Analisis Nilai Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1-10.

Meryansumayeka, M., & Mulyono, B. 2016. Pengembangan Materi Pelajaran Berbasis Tik Untuk Mata Kuliah Program Komputer. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 13-22.

MoDELss. Website pembelajaran berbasis ICT Unsri. http://e-learning.unsri.ac.id/

Rahayu, E. E., & LISTIADI, A. 2014. Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technologies (Ict) Pada Materi Mengelola Dokumen Transaksi. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 2(2).

Rizqiyah, H. 2011. Pengembangan Media Kuis Interaktif Berbasis Wondershare Quiz Creator untuk Kemahiran Qira'ah dan Kitabah Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah. SKRIPSI Jurusan Sastra Arab-Fakultas Sastra UM.

Sudjana, Nana.2009. Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tessmer, Martin. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations: Improving The Quality of Education and Training. London: Kogan Page.

Utomo. 2015. Pengembangan Sistem Ujian Online Soal Pilihan Ganda Dengan Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) Vol. 04 No. 03 hal 1-6

Wahono, R. S. 2008. Pengembangan Sistem E-Learning dan Multimedia Pembelajaran. In Seminar, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.1.5094.%25p


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm.unsri@gmail.com

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

shopify analytics ecommerce

View JPM Stats


Indexed in: