• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA | Meryansumayeka | Jurnal Pendidikan Matematika

    PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

    Meryansumayeka Meryansumayeka, M. Dimas Virgiawan, Sri Marlini

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuis interaktif berbasis e-learning pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika dengan menggunakan aplikasi Wondershare Quiz Creator. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan modifikasi antara Rowntree dan Tessmer. Terdapat 3 tahap dalam penelitian ini yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Dalam proses pengembangannya, penelitian ini melibatkan ahli sebagai validator kuis interaktif yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika tahun ajaran 2016/2017. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kuis interaktif yang dikembangkan oleh peneliti ini dinyatakan valid oleh para ahli yang menguji 3 aspek yaitu aspek materi, tampilan media serta design pembelajaran; dinyatakan praktis berdasarkan hasil penelitian pada skala satu satu yaitu mengujicobakan produk pada 3 orang siswa yang berkemampuan berbeda dan pada skala kelompok kecil yang berjumlah 6 orang; serta efektif dari segi waktu dan ekonomi berdasarkan hasil uji coba lapangan.

    Keywords


    Kuis Interaktif, E-Learning, Wondershare Quiz Creator, Penelitian Pengembangan

    Full Text:

    PDF

    References


    Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

    Arikunto, Suharsimi.(2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

    Eliya, R. (2015). Rasio Keefektifan Penyelenggaraan Sistem Evaluasi Bentuk Electronic Test Menggunakan Wondershare Quiz Creator Dan Paper Test Ditinjau Dari Tes Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aplikasi Pengolah Kata di MAN 1 Yogyakarta. Doctoral Dissertation. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

    Hernawati, K. (2014). Membuat Quis/Evaluasi dengan Wondershare Quiz Creator.

    Indriani, T. (2015). Pengembangan Kuis Interaktif Tipe True/False Untuk Melatih Kemampuan Eksplorasi Fenomena Fisika Siswa SMA.

    Meryansumayeka, M., & Aisyah, N. 2013. Pendesainan pembelajaran menggunakan pendekatan analisis nilai pada mata kuliah telaah kurikulum. Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (1), 1-10.

    Meryansumayeka, M., & Mulyono, B. (2016). Pengembangan materi pelajaran berbasis TIK untuk mata kuliah Program Komputer. Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (2), 13-22.

    MoDELss. Website pembelajaran berbasis ICT Unsri. http://e-learning.unsri.ac.id/

    Rahayu, E.E., & Listiadi, A. (2014). Pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis information and communication technologies (ICT) pada materi mengelola dokumen transaksi. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 2 (2).

    Rizqiyah, H. (2011). Pengembangan Media Kuis Interaktif Berbasis Wondershare Quiz Creator Untuk Kemahiran Qira'ah dan Kitabah Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah. Skripsi. Jurusan Sastra Arab-Fakultas Sastra UM.

    Sudjana, N.(2009). Penilain hasil proses belajar mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

    Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

    Tessmer, Martin. (1993). Planning and conducting formative evaluations: improving the quality of education and training. London: Kogan Page.

    Utomo. (2015). Pengembangan sistem ujian online soal pilihan ganda dengan menggunakan software Wondershare Quiz Creator. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 4 (3), 1-6.

    Wahono, R. S. (2008). Pengembangan Sistem E-Learning dan Multimedia Pembelajaran. Paper presented at seminar in Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.




    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.1.5094.29-42


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: