KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN OPERASI PECAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED

Yeni Widiastuti, Ratu Ilma Indra Putri

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Matematika materi pecahan dengan menggunakan pendekatan open-ended. Subjek penelitian ini adalah 31 orang siswa kelas VII D  SMP Negeri 2 Inderalaya Selatan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes tertulis, dan wawancara. Tes tertulis digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Terdapat lima kategori tingkat kemampuan berpikir kreatif yaitu sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, tidak kreatif, dan sangat tidak kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 31 siswa terdapat 3% siswa berada pada kategori sangat kreatif, 48% siswa pada kategori kreatif, 29% siswa pada kategori cukup kreatif, 10% siswa pada kategori tidak kreatif, dan 10% siswa pada kategori sangat tidak kreatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Inderalaya Selatan tergolong cukup kreatif

Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif, Open-ended, Pecahan

Full Text:

PDF

References


Aguspinal, 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Open-Ended dengan Strategi Group-To-Group :Studi Eksperimen Di SMA Negeri Plus Provinsi Riau.Tesis. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Emilya, Devi dan Darmawijoyo, dan Ratu Ilma Indra Putri. 2010.Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2): 8 – 18.

Fathimah, Ismah. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pokok Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia terhadap Lingkungan (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jati Agung Semester Genap TP. 2014/2015). Skripsi. Lampung : FKIP Universitas Lampung.

Fardah, Dini Kinanti. 2012. Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 3, No 2 (2012).

Florida, Richard, Charlotte Mellander, dan Karen King. 2015. The Global Creativity Index. http://martinprosperity.org/media/Global-Creativity-Index-2015.pdf. diakses tanggal 10 Juli 2015.

Jerry P. Becker and Shigeru Shimada. (1997). The Open-Ended Approach: A New Proposal For Teaching Mathematics. Virginia: National Council Of Mathematics.

Kampylis, Panagiotis dan Eleni Berki. 2014. Nurturing Creative Thinking. Perancis : Gonnet Imprimeur.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia. http://litbang.kemdikbud.go.id/data/puspendik/HASIL%20RISET/TIMSS/LAPORAN%20TIMSS%202011%20-%20Kemampuan%20Matematika%20Siswa%20SMP%20Indonesia%20berdasarkan%20Benchmark%20TIMSS%202011.pdf. Diakses tanggal 31 Mei 2016.

Mahmudi, Ali. 2009. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Topik Pecahan. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Ali%20Mahmudi,%20S.Pd,%20M.Pd,%20Dr./Makalah%2005%20Semnas%20ALJABAR%20UNY%202009%20_Mengembangkan%20KBKM%20via%20Pecahan_.pdf. Diakses tanggal 17 Januari 2015.

Mihajlovi?, Aleksandra dan Mirko Deji?. 2015. Using Open-Ended Problems And Problem Posing Activities In Elementary Mathematics Classroom. Makalah disampaikan dalam Mathematical Creativity and Giftedness International Conference, pada tanggal 25 – 28 Juni 2015 di Romania.

National Mathematics Advisory Panel .2008. Foundations for Success: The Final Report of the National Mathematics Advisory Panel. Washington, DC: U.S. Department of Education.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Prianggono, Agus. 2013. Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Menengah Kejururuan (SMK) dalam Pemecahan dan Pengajuan Masalah Matematika pada Materi Persamaan Kuadrat. Tesis. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Professional Development Service for Teacher.2012. Fractions: A teacher Manual. http://www.pdst.ie/sites/default/files/Fractions%20Teacher%20Manual.pdf. Diakses tanggal 6 September 2015.

Risman, Muhammad Sulaiman. 2011. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Lampung : FKIP Universitas Lampung.

Siegler, Robert S., Clarissa A. Thompson, dan Michael Schneider. 2011. An integrated theory of whole number and fractions development. http://www.psy.cmu.edu/~siegler/STS2011.pdf. diakses tanggal 6 September 2015.

Sumarwati ,Sri dan Jailani Md Yunos. 2013. Tahap kreativiti dalam kalangan pelajar Politeknik Metro, Politeknik Premier danPoliteknik Konvensional di Malaysia. International Conference On Management, 212–234.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.5961.13-22


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: