KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN OPERASI PECAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aguspinal, 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Open-Ended dengan Strategi Group-To-Group :Studi Eksperimen Di SMA Negeri Plus Provinsi Riau.Tesis. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Emilya, Devi dan Darmawijoyo, dan Ratu Ilma Indra Putri. 2010.Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2): 8 – 18.
Fathimah, Ismah. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pokok Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia terhadap Lingkungan (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jati Agung Semester Genap TP. 2014/2015). Skripsi. Lampung : FKIP Universitas Lampung.
Fardah, Dini Kinanti. 2012. Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol 3, No 2 (2012).
Florida, Richard, Charlotte Mellander, dan Karen King. 2015. The Global Creativity Index. http://martinprosperity.org/media/Global-Creativity-Index-2015.pdf. diakses tanggal 10 Juli 2015.
Jerry P. Becker and Shigeru Shimada. (1997). The Open-Ended Approach: A New Proposal For Teaching Mathematics. Virginia: National Council Of Mathematics.
Kampylis, Panagiotis dan Eleni Berki. 2014. Nurturing Creative Thinking. Perancis : Gonnet Imprimeur.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia. http://litbang.kemdikbud.go.id/data/puspendik/HASIL%20RISET/TIMSS/LAPORAN%20TIMSS%202011%20-%20Kemampuan%20Matematika%20Siswa%20SMP%20Indonesia%20berdasarkan%20Benchmark%20TIMSS%202011.pdf. Diakses tanggal 31 Mei 2016.
Mahmudi, Ali. 2009. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Topik Pecahan. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Ali%20Mahmudi,%20S.Pd,%20M.Pd,%20Dr./Makalah%2005%20Semnas%20ALJABAR%20UNY%202009%20_Mengembangkan%20KBKM%20via%20Pecahan_.pdf. Diakses tanggal 17 Januari 2015.
Mihajlovi?, Aleksandra dan Mirko Deji?. 2015. Using Open-Ended Problems And Problem Posing Activities In Elementary Mathematics Classroom. Makalah disampaikan dalam Mathematical Creativity and Giftedness International Conference, pada tanggal 25 – 28 Juni 2015 di Romania.
National Mathematics Advisory Panel .2008. Foundations for Success: The Final Report of the National Mathematics Advisory Panel. Washington, DC: U.S. Department of Education.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Prianggono, Agus. 2013. Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Menengah Kejururuan (SMK) dalam Pemecahan dan Pengajuan Masalah Matematika pada Materi Persamaan Kuadrat. Tesis. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Professional Development Service for Teacher.2012. Fractions: A teacher Manual. http://www.pdst.ie/sites/default/files/Fractions%20Teacher%20Manual.pdf. Diakses tanggal 6 September 2015.
Risman, Muhammad Sulaiman. 2011. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Lampung : FKIP Universitas Lampung.
Siegler, Robert S., Clarissa A. Thompson, dan Michael Schneider. 2011. An integrated theory of whole number and fractions development. http://www.psy.cmu.edu/~siegler/STS2011.pdf. diakses tanggal 6 September 2015.
Sumarwati ,Sri dan Jailani Md Yunos. 2013. Tahap kreativiti dalam kalangan pelajar Politeknik Metro, Politeknik Premier danPoliteknik Konvensional di Malaysia. International Conference On Management, 212–234.
DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.5961.13-22
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in: