• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI PADA MATERI STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS 7 SMP | Widjayanti | Jurnal Pendidikan Matematika

    MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI PADA MATERI STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS 7 SMP

    Wigita Rezky Widjayanti, Titin Masfingatin, Reza Kusuma Setyansah

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis animasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian dan pengembangan ini terdiri dari fase investigasi awal, design, konstruksi, tes, evaluasi dan revisi, serta implementasi. Penelitian hanya difokuskan sampai pada fase tes, evaluasi dan revisi. Hasil penelitian adalah: 1) media pembelajaran interaktif berbasis animasi dinyatakan sangat valid yang dilihat dari hasil rata-rata penilaian validator  media sebesar 89,05%, 2) media pembelajaran interaktif berbasis animasi dinyatakan praktis dari hasil rata-rata yang diperoleh dari lembar angket respon siswa mencapai 87,95% memberikan respon positif, 3) media pembelajaran interaktif berbasis animasi dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran yang diketahui dari persentase ketuntasan siswa sebesar 87,50%. Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis animasi layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi statistika untuk siswa kelas 7 SMP.


    Keywords


    Media Pembelajaran, Interaktif, Animasi, Statistika

    Full Text:

    PDF

    References


    Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

    Altiparmak, K. (2014). Impact of computer animations in cognitive learning: Differentiation. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 45(8), 1146–1166. Diambil dari https://eric.ed.gov/?q=Altiparmak&id=EJ1044537

    Apriandi, D., & Setyansah, R. K. (2017). Penerapan media simulasi MATLAB berbasis interactive coceptual untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. ISSN, 6(2), 2089–8703. Diambil dari fkip.ummetro.ac.id/jornal/index.php/matematika/artocle/view/968

    Fitriani, F. H., Parmin, & Akhlis, I. (2013). Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berbass komputer pada tema bunyi melalui lesson study untuk kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 2(1).

    Gebreyohannes, H. M., Bhatti, A. H., & Hasan, R. (2016). Impact of multimedia in teaching mathematics. International Journal of Mathematics Trends and Technology, 39(1). https://doi.org/10.14445/22315373/IJMTT-V39P510

    Gurganus. (2010). Characteristics of student’s mathematics learning.

    Hobri, H. (2010). Metodologi penelitian pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

    Intisari. (2017). Persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika, 62–71.

    Masfingatin, T. (2013). Proses berpikir siswa sekolah menengah pertama dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari adversity quotient. JIPM, 2(1).

    Milovanovi, M., & Ph, D. (2013). Application of interactive multimedia tools in teaching mathematics-examples of lessons from geometry. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 12(1), 19–31.

    Munir, M. (2013). Multimedia konsep dan aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

    Neumann, D. L., Neumann, M. M., & Hood, M. (2011). Evaluating computer-based simulations , multimedia and animations that help integrate blended learning with lectures in first year statistics. Australasian Journal of Educational Technology, 27(2), 274–289.

    Pihlap, S. (2017). The Impact of computer use on learning of quadratic functions. International Journal for Technology in Mathematics Education, 24(2), 59–66.

    Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47.

    Rhomdani, R. W. (2016). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web menggunakan Quandary di Universitas Muhammadiyah. Gammath, 1(2), 18–25.

    Rusli, M. (2017). Computer-based learning and learning style department of information system department of computer system. Turkish Online Journal of Distance Education, 18(4), 177–190.

    Sanusi, Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan dimensi tiga di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 398–416.

    Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, hal. 224–232.

    Trilaksono, D. (2018). Pengembangan media pembelajaran menggunakan Adobe Flash Professional berbasis literasi untuk meningkatkan kreativitas siswa. Universitas PGRI Madiun.

    Zainiah, R., & Rijanto, T. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi dan simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mapel instalasi penerangan listrik di SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Unesa, 05(202), 515–522.




    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: