• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • CARA IDENTIFIKASI PENGETAHUAN PROSEDURAL DAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MAHASISWA TERHADAP MATERI LIMIT | Mulyono | Jurnal Pendidikan Matematika

    CARA IDENTIFIKASI PENGETAHUAN PROSEDURAL DAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MAHASISWA TERHADAP MATERI LIMIT

    Budi Mulyono, Yaya S Kusumah, Rizky Rosjanuardi

    Abstract


    Limit merupakan materi utama dalam pembelajaran kalkulus yang telah dikenalkan dan dipelajari mahasiswa sejak jenjang sekolah menengah atas. Namun tidak sedikit mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahami materi limit di tingkat awal perguruan tinggi. Seorang mahasiswa tidak hanya harus memiliki pengetahuan prosedural saja, namun juga perlu memiliki pemahaman konseptual tentang limit. Artikel ini membicarakan tentang cara mengidentifikasi pengetahuan prosedural dan pemahaman konseptual mahasiswa terhadap materi limit. Adapun metode yang digunakan untuk mengidentifikasi pengetahuan prosedural dan pemahaman konseptual tersebut adalah dengan memberikan tes kepada mahasiswa berupa soal-soal yang berkaitan dengan materi limit. Soal-soal tes tersebut didesain sederhana dengan tujuan untuk menghindari kesalahan yang muncul disebabkan oleh tingkat kesulitannya. Temuan hasil tes dengan soal-soal yang telah didesain tersebut menunjukkan bahwa terdapat mahasiswa dapat menyelesaikan soal-soal limit dengan baik secara prosedural, namun mereka memiliki permasalahan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan pemahaman konseptual. Hal tersebut mungkin disebabkan pembelajaran tentang limit yang mereka dapatkan di jenjang sekolah menengah atas lebih berorientasi pada penyelesaian soal-soal limit secara prosedural saja.

    Keywords


    Limit, Pengetahuan Prosedural, Pemahaman Konseptual

    Full Text:

    PDF

    References


    Balka, Hull & Miles, H. (2017). What Is Conceptual Understanding?. Diambil dari www.mathleadership.com. diakses April 2017.

    Jordaan, T. (2005). Misconceptions of The Limit Concept in a Mathematics Course for Engineering Students. Research Report Submitted in Part Fulfilment of The Requirements for The Degree of Master of Education–With Specialisation in Mathematics Education. University of South Africa.

    Kumsa, A., Pettersson, K., & Andrews, P. (2017). Obstacles to students’ understanding of the limit concept. Paper presented at 10th Congress of European Research in Mathematics Education.

    Liang, S. (2016). Teaching the concept of limit by using conceptual conflict strategy and Desmos graphing calculator. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 2(1), 35-48.

    Mulyono, B. & Hapizah. (2017 a). Does Conceptual Understanding of Limit Partially Lead Students to Misconceptions? J. Phys.: Conf. Ser. 895 012061.

    Mulyono, B. & Hapizah. (2017 b). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Penyelesaian Soal-Soal Limit. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

    Mulyono. B. & Hapizah. (2018). Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika KALAMATIKA, 3(2), 103-122. P-ISSN 2527-5615 E-ISSN 2527-5607.

    Muzangwa, J., & Chifamba, P. (2012). Analysis of errors and misconceptions in the learning of calculus by undergraduate students. Acta Didactica Napocensia, 5(2), ISSN 2065-1430.

    National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

    Purcell, Rigdon, & Varberg. (2006). Calculus. Pearson 9th Edition. ISBN-10: 0131429248

    Tall, D. (1992). Students’ Difficulties in Calculus. Proceedings of Working Group 3 on Students’ Difficulties in Calculus, ICME-7 1992, Québec, Canada, 13–28. ISBN 2 920916 23 8.




    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6706.73-82


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: