MINAT SISWA TERHADAP MATEMATIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DAN EFIKASI DIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat siswa terhadap matematika dan hubungannya dengan metode pembelajaran dan efikasi diri. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa sekolah menengah pertama di Bandarlampung. Penelitian deskriptif kuantitatif ini mempelajari 691 siswa yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Data dalam penelitian ini berupa data minat siswa terhadap matematika (Y), data implementasi metode pembelajaran (X1), dan data efikasi diri siswa (X2) yang diperoleh menggunakan teknik non-tes berupa angket. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi linier berganda dengan . Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (i) secara umum 22,58% siswa memiliki minat terhadap matematika dengan kategori tinggi, 76,56% dengan kategori sedang, dan 0,86% dalam kategori rendah; (ii) terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara variabel implementasi metode pembelajaran dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap variabel minat dengan nilai r = 0,844; (iii) terdapat hubungan positif yang cukup kuat antara implementasi metode pembelajaran dengan minat terhadap matematika bila peran efikasi diri tidak berubah (tetap) dengan r = 0,505; (iv) terdapat hubungan positif yang cukup kuat antara efikasi diri dengan minat terhadap matematika bila peran implementasi metode tidak berubah (tetap) dengan r = 0,585; dan (v) persamaan model regresi liniernya adalah Y = 22,788+0,972 X1+0,932 X2.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainley, M., & Ainley, J. (2011). A cultural perspective on the structure of student interest in science. International Journal of Science Education, 33 (1), 51-71.
Arriah, F. (2017). Effect of metacognition and self-efficacy against mathematics learning achievement through student creativity class XI SMAN in city of Bulukumba. Jurnal Daya Matematis, 5 (2), 105-116.
Astuti, W. W., Sukardi, FX., Partono. (2012). Pengaruh motivasi belajar dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar IPS terpadu kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal, 1 (2), 1-6.
Bandura, A. (2006). Guide for Constructing Self-Efficacy Scales. Self-Efficacy Beliefs of Adolescents, 307-337. (Online), (http://www.des.emory.edu/mfp/014-BanduraGuide2006.pdf)
Basito, M. D., Arthur, R., & Daryati. (2018). Hubungan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMK program keahlian teknik bangunan pada mata pelajaran mekanika teknik. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7 (1), 1-14.
Hasni, A & Potvin, P. (2015). Student’s interest in science and technology and its relationship with teaching methods, family context and self-efficacy. International Journal of Environmental & Science Education, 10 (3), 337-336.
Heinze, A., Reiss, K., & Augsburg, F. R. (2005). Mathematics achievement and interest in mathematics from a differential perspective. ZDM Journal, 37 (3), 212-220.
Istiqfar., Tiro, M. A., & Annas, S. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Variansi 2018, 46-55.
Kartini, T. (2007). Penggunaan metode role playing untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran pengetahuan sosial di kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, 8.
Khafid, M. (2007). Faktor-faktor yang mempengaruhi ketuntasan belajar akuntansi: motivasi belajar sebagai veriabel intervening. Jurnal Penelitian Ekonomi, 2 (1), 1-30.
Khairani, M. (2017). Psikologi belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. (2014). Academic achievement prediction: Role of interest in learning and attitude towards Sc. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE). 11 (1), 73-100.
Lolombulan, J. H. (2017). Statistika bagi peneliti pendidikan. Yogyakarta: ANDI.
OECD. (2016). PISA 2015 results (Volume I): Excellence and equity in education. OECD: Paris.
Patahuddin, S. M & Rokhim, A. F. (2009). Website permainan matematika online untuk belajar matematika secara menyenangkan. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 103-111.
Sandi, M. (2017). Hubungan efikasi diri dengan minat belajar siswa–siswi SMK YPK Tenggarong. PSIKOBORNEO, 5 (2), 375-385.
Sani, R. A. (2014). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Silvia, P. J. (2006). Exploring the psychology of interest. New York, NY, US: Oxford University Press. http://dx.doi.org/10.1093/acprof:oso/9780195158557.001.0001
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobur, A. (2016). Psikologi umum. Bandung: Pustaka Setia.
Sriyanto, H. J. (2017). Mengobarkan api matematika: Membelajarkan matematika yang kreatif dan mencerdaskan. Sukabumi: Jejak Publisher.
Sudrajat, D. (2008). Program Pengembangan Self-Efficacy Bagi Konselor di SMA Negeri Se-Kota Bandung. Tesis Tidak diterbitkan. Bandung: UPI.
Syah, M. (2011). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Rosdakarya.
Wahyuni, D.S. (2016). Pengaruh efikasi diri, cara belajar, persepsi siswa tentang komunikasi guru dan persepsi siswa tentang perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAN di Kota Palu. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya, 2 (2), 21-42.
Widyaninggar, A. A. (2014). Pengaruh efikasi diri dan lokus kendali (locus of control) terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 4 (2), 89-99.
Willis, S. S. (2015). Berbagai masalah yang dihadapi siswa & solusinya. Bandung: Alfabeta.
Wilson, S. & Janes, D. P. (2008). Mathematical Self-Efficacy: How Constructivist Philosophies Improve Self-Efficacy. (Online). (https://www.scribd.com/document/17461111/Mathematical-Self-Efficacy-How-Constructivist-Philosophies-Improve-Self-Efficacy)
Wulandari, S. (2013). Pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 1, 1-20.
DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6750.83-100
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in: