• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN ADOBE FLASH PRO CS6 PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR | Saputra | Jurnal Pendidikan Matematika

    PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN ADOBE FLASH PRO CS6 PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR

    Rahmat Saputra, Septyani Thalia, Tria Gustiningsi

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan praktis. Peneliti menggunakan Design Research tipe Development Study dengan dua tahapan, yaitu tahap preliminary dan tahap prototyping. Pada tahap preliminary, peneliti melakukan analisis materi bangun datar dan dilanjutkan dengan membuat flowchart untuk menentukan urutan materi yang akan ditampilkan pada media pembelajaran. Pada tahap prototyping, peneliti menggunakan alur formative evaluation yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Pada penelitian ini hanya dibahas sampai pada tahap small group. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi walkthrough, angket, wawancara, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Izzuddin Palembang. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran yang dihasilkan sudah valid dan praktis. Kevalidan media pembelajaran ditunjukkan dari hasil validasi pada tahap expert review dan one-to-one yang menyatakan bahwa media pembelajaran telah baik dari segi konten, konstruk, dan bahasa. Kepraktisan media pembelajaran juga terlihat pada tahap small group bahwa siswa dapat menggunakan media pembelajaran dengan baik, dapat membantu siswa dalam memahami materi, dan siswa tertarik menggunakannya.


    Keywords


    Adobe Flash Pro CS6; Bangun Datar; Design Research; Media Pembelajaran

    Full Text:

    PDF

    References


    Arianto, F. dkk. (2015). Mindtools dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan. (pp. 103–111). Malang: Universitas Negeri Malang.

    Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

    Etikhodiyah, N., R. (2016). Media Pembelajaran Merakit Komputer Berbasis Adobe Flash CS3 di SMA N 1 Pakem. Tesis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

    Hidayati, V.O. (2014). Peningkatan pembelajaran bangun datar melalui media puzzle pada siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 3(1), 51-56.

    Hidayatullah, P., Akbar, M.A., & Rahim, Z. (2011). Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung: Informatika.

    Jawariah. (2017). Upaya meningkatkan kompetensi guru kelas tinggi dalam penulisan soal pilihan ganda melalui pendampingan berbasis KKG semester dua tahun 2016/2017 di SD Negeri 31 Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 86-95. http://dx.doi.org/10.36312/jime.v3i1.26.

    Khairani, M. & Febrinal, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk Macromedia Flash materi tabung untuk SMP kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, 10 (2), 95-102. https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422.

    Kusaeri. (2015). Terbentuknya konsepsi matematika pada diri anak dari perspektif teori Reifikasi dan APOS. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 101-105. https://doi.org/10.33474/jpm.v1i2.244.

    Lestiana, L., & Kurniasih, R. (2016). Alat peraga konsep luas bangun datar. PRISMA: Prosiding Seminar Matematika. (pp. 36-43).

    Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendiidkan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1-10. http://dx.doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949.

    Novyarti, E., Marzal, J., & Rohati. (2014). Pengembangan media pembelajaran menggunakan Adobe Flash dan Autoplay Media Studio dalam pembelajaran yang berbasis Inquiry pada materi garis dan sudut kelas VII SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 77-84. https://doi.org/10.22437/edumatica.v4i02.2073.

    Priyatmoko, R. (2016). Pengembangan multimedia interaktif menggunakan Macromedia Flash pada materi bangun ruang sisi datar limas dan prisma tegak untuk siswa MTs/SMP Kelas VIII. Tesis. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

    Romli, M. (2015). Media pembelajaran dalam perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits. Ittihad Jurnal Komunikasi dan Informasi Antar PTais-Kopertais XI Kalimantan, 13(23), 130-154. https://dx.doi.org/10.18592/ittihad.v13i23.1737.

    Sartika, R., Kaswari, & Suryani. (2013). Penggunaan alat peraga kertas berpetak pada pembelajaran matematika kelas V MIS Al-Mustaqim Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(3), 1-17.

    Sutanti, Istiyati, S., & Djaelani. (2012). Peningkatan pemahaman konsep luas bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif STAD. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 2(2), 1-6.

    Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations: Improving the Quality of Education and Training. London: Kogan Page.

    Van den Akker, J. (1999). Principles and Methods of Development Research. In Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 1-14). Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

    Wicaksono, S. (2016). The development of interactive multimedia based learning using Macromedia Flash 8 in accounting course. Journal of Accounting and Business Education , 1(1), 122-139.

    Widyanto, E, & Kurniasari, I. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash Professional CS6 pada materi teorema pythagoras untuk siswa kelas VIII. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 48-53.

    Wulandari, C. (2017). Menanamkan konsep bentuk geometri (bangun datar). Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v3i1.992.

    Zulkardi. (2006). Formative Evaluation: What, Why, When, and How. (Online). (http://www.geocities.com/zulkardi/books.html), diakses 10 November 2018.




    DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6794.67-80


    Jurnal Pendidikan Matematika
    Department of Master Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: jpm@unsri.ac.id

    p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

    Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    View JPM Stats  


    Indexed in: