KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA

Megawati Megawati, Ambarsari Kusuma Wardani, Hartatiana Hartatiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) siswa dalam menyelesaikan soal matematika model PISA berdasarkan indikator kemampuan mengevaluasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahsa dari 30 siswa SMP Xaverius 1 Palembang yang telah menyelesaikan soal tersebut, sebanyak 73% kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dikategorikan kurang khususnya pada kemampuan mengevaluasi. Indikator mengevaluasi muncul jika siswa dapat menganalisis masalah dengan baik, memahami maksud pertanyaan dengan tepat, dan memberikan alasan/bukti yang sesuai. Berdasarkan analisis jawaban siswa dan hasil wawancara dapat dikatakan bahwa dari 30 siswa,  hanya 6% saja siswa dikategorikan telah mencapai tahap evaluasi dengan baik dalam menyelesaikan soal matematika model PISA.

Keywords


Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Indikator Mengevaluasi; PISA

Full Text:

PDF

References


Abosalem, Y. (2016). Assessment techniques and students’ higher-order thinking skills. International Journal of Secondary Education. 4(1), 1-11. https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20160401.11

Brookhart, S.M. (2010). How to Asses Higher Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD.

Conklin, W. (2011). Higher Order Thinking Skills to Develop 21st Century Learners. Huntington Beach California: Shell Education.

Edo, S.I., Putri, R.I.I., & Hartono, Y. (2013). Investigating secondary school students’ difficulties in modeling problems PISA-model level 5 And 6. Journal on Mathematics Education, 4(1), 41-58. https://doi.org/10.22342/jme.4.1.561.41-58.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta : Bumi Aksara.

Hartini, T., Misri, M.A., Nursuprianah. (2018). Pemetaan HOTS siswa berdasarkan standar PISA dan TIMMS untuk meningkatkan mutu pendidikan. Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1), 83-92. http://doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2795.

Kemendikbud. (2015). Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill’s Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Kurniati, D., Harimukti, R. Jamil, N.A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142-145. http://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058.

Kusuma, M.D., Rosidin, U., Abdurrahman, & Suyatna, A. (2017). The development of higher order thinking skill (HOTS) instrument assessment in physics study. IOSR Journal of Research & Method in Education. 7(1), 26-32. http://doi.org/10.9790/7388-0701052632.

Lopez, J., & Whittington, M.S. (2014). Higher-order thinking in a college course: A case study. Proceedings of the Annual NACTA Conference. 45(4). (pp. 74-81).

OECD. (2016). PISA 2015: Result in focus. Paris: OECD Publishing.

Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IX dalam pembelajaran trigonometri berbasis masalah di SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang, 1(1), 31-40. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.4.

Setiawan, H., Dafik, D., & Lestari, N.D.S. (2014). Soal matematika dalam PISA kaitannya dengan literasi matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 1(1), 244-251.

Simamora, R.E., Saragih, S., & Hasratuddin. (2019). Improving students’ mathematical problem solving ability and self-efficacy through guided discovery learning in local culture context. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 14(1), 61-72. https://doi.org/10.12973/iejme/3966.

Suryapuspitarini, B.K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis soal-soal matematika tipe higher order thinking skill (HOTS) pada kurikulum 2013 untuk mendukung kemampuan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1. (pp. 876-884). Semarang: Unnes Journal.

Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The relationship between higher order thinking skills and academic performance of student in mathematics instruction. International Education Studies, 10(11), 78-85. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78.

Trisnawaty, W. (2017). Analyze of Student’s Higher Order Thinking Skills to Solve Physics Problem on Hooke’s Law. Proc. 4th ICRIEMS. (pp. 91-96). Yogyakarta: The Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Yogyakarta State University.

Wardani, A.K., Zulkardi, & Hartono, Y. (2017). Pengembangan soal matematika model PISA level 5 untuk program pengayaan SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 1-18. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1438.

Widana, I.W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Winarti. (2015). Profil kemampuan berpikir analisis dan evaluasi mahasiswa dalam mengerjakan soal konsep kalor. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 19-23. https://doi.org/10.36706/jipf.v2i1.2350.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6815.15-24


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: