PERBEDAAN SKALA PADA SUMBU KOORDINAT KARTESIUS: APA DAMPAKNYA DALAM PEMBELAJARAN INTEGRAL TENTU?

Muhammad Win Afgani, Retni Paradesa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dampak yang ditimbulkan dalam pembelajaran integral tentu ketika dosen menyajikan permasalahan dalam menentukan luas daerah di bawah grafik fungsi f(x) dengan dua partisi persegipanjang yang mana skala pada koordinat kartesius di sumbu-x berbeda dengan sumbu-y. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 32 mahasiswa pendidikan matematika yang mengikuti perkuliahan kalkulus integral di salah satu universitas di Palembang. Dalam penelitian ini, 32 orang mahasiswa tersebut dibentuk 6 kelompok. Instrumen dalam penelitian ini adalah dua soal yang didiskusikan secara kelompok. Data dikumpulkan melalui dokumentasi hasil pekerjaan mahasiswa, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan dampaknya pada mahasiswa, yakni mereka terlihat berusaha mengkonstruk pengetahuan matematikanya sendiri terlebih dahulu, menyampaikan gagasan-gagasan yang tidak diduga sebelumnya, dan dapat berpikir kritis atas permasalahan yang diberikan. Dampak positif tersebut muncul karena masalah yang disajikan pada mahasiswa dikaitkan dengan beberapa konsep.

Keywords


Pembelajaran Integral Tentu; Perbedaan Skala; Sumbu Koordinat Kartesius

Full Text:

PDF

References


Afgani, M. W., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2017). Analysis of undergraduate students’ mathematical understanding ability of the limit of function based on APOS theory perspective. Journal of Physics: Conference Series, 895, 012056.

Afgani, M. W., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2019). The enhancement of pre-service mathematics teachers' mathematical understanding ability through ACE teaching cyclic. Journal of Technology and Science Education, 9 (2), 153-167.

Amalia, L. (2018). Pengembangan soal untuk mengukur kemampuan koneksi antar topik matematika siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3 (2), 195-216.

Arifin, S. (2016). Penerapakn Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Melihat Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Semester Awal Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2 (2), 142–160.

Cavanagh, M., & Mitchelmore, M. (2003). Graphics calculators in the learning of mathematics: teacher understandings and classroom practices. Mathematics Teacher Education and Development, 5, 3-18.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7 (1). 9-18.

Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3 (5), 175-179.

Larson, R. & Falvo, D. C. (2009). Calculus: An Applied Approach. USA: Brooks/Cole, Cengage Learning.

Leinhardt, G., Zaslavsky, O., & Stein, M. K. (1990). Functions, Graphs, and Graphing: Tasks, Learning, and Teaching. Review of Educational Research, 60 (1), 1-64.

Lloyd, M. & Bahr, N. (2010). Thinking critically about critical thinking in higher education. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 4 (2).

Machaba, F. M. (2016). The concepts of area and perimeter: insights and misconceptions of grade 10 learners. Pythagoras: Journal of The Association for Mathematics Education of South Africa, 37 (1).

Paradesa, R. (2015). Kemampuan berpikir matematis mahasiswa melalui pendekatan konstruktivisme pada mata kuliah matematika keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1 (2), 306-325.

Paradesa, R., & Ningsih, Y. L. (2017). Pembelajaran matematika berbantuan maple pada mata kuliah kalkulus integral terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Jurnal Pendidikan RAFA, 3 (1), 70-81.

Purcel, E. J. and Varberg, D. (1987). Calculus with analytic geometry, 5th Ed (Terjemahan: Susila, N., Kartasasmita, B. dan Rawuh). USA: Prentice-Hall. Inc.

Rahmat, M. (2003). Modul geometri. Universitas Terbuka: Jakarta.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2 (1), 58-67.

Su, H. F., Ricci, F. A., & Mnatsakanian, M. (2016). Mathematical teaching strategies: pathways to critical thinking and metacognition. Journal of Research in Education and Science (IJRES), 2 (1), 190-200.

Sun, Y., Li, S., Bonini, N., & Liu, Y. (2016). Effect of graph scale on risky choice: evidence from preference and process in decision-making. PLoS ONE, 11 (1), e0146914.

VanCleave, J. P. (1996). Gembira bermain dengan geometri: 101 percobaan yang pasti berhasil (Terjemahan: Pakar, D.). Pustaka Grafiti: Jakarta.

Zaslavsky, O., Sela, H., & Leron, U. (2002). Being sloppy about slope: the effect of changing the scale. Educational Studies in Mathematics, 49, 119–140.




DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6819.121-130


Jurnal Pendidikan Matematika
Department of Master Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jpm@unsri.ac.id

p-ISSN: 1978-0044; e-ISSN: 2549-1040

Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View JPM Stats  


Indexed in: