EKSPLORASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN KATEGORI PROSES LITERASI MATEMATIS
Abstract
Pemahaman mahasiswa dalam mengerjakan prosedur pemecahan masalah matematika dapat ditelusuri melalui kegiatan eksplorasi. Tujuan utama dilakukannya penelitian ini adalah memaparkan dan menggali kemampuan pemecahan masalah mahasiswa ditinjau dari kategori proses literasi matematis. Metode yang digunakan yakni kualitatif deskriptif eksploratif dengan subjek penelitian yaitu tiga mahasiswa (kemampuan tinggi, sedang dan rendah) tahun pertama semester II pada program studi Pendidikan Matematika, Universitas Serang Raya dan mengambil mata kuliah Kalkulus II. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, sementara instrumen bantu berupa dua soal pemecahan masalah dari materi Aplikasi Turunan yang telah divalidiasi dan pedoman wawancara. Prosedur analisis data dilakukan melalui analisis kualitatif hasil tes tulis dan validasi data menggunakan triangulasi teknik. Hasil eksplorasi menunjukkan mahasiswa kemampuan rendah berada pada kategori kemampuan pemecahan masalah cukup dengan capaian penilaian 62,5%, sementara mahasiswa kemampuan sedang berada pada kategori cukup dan baik dengan capaian penilaian 87,5%, dan mahasiswa kemampuan tinggi berada pada kategori baik dengan capaian penilaian 93,75%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antonijevic, R. (2016). Cognitive activities in solving mathematical tasks: The role of a cognitive obstacle. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12 (9), 2503-2515.
Birgili, B. (2015). Creative and critical thinking skills in problem-based learning environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2 (2), 71-80.
Cardellini, L. (2014). Problem solving: How can we help students overcome cognitive difficulties. Journal of Technology and Science Education, 4 (4), 237-249.
Dunlosky, J., Rawson, K. A., Marsh, E. J., Nathan, M. J. & Willingham, D. T. (2013). Improving students’ learning with effective learning techniques: promising directions from cognitive and educational psychology. Psychological Science in the Public Interest, 14 (1), 4-58.
Finlayson, M. (2014). Addressing math anxiety in the classroom. Improving Schools, 17 (1), 99-115.
Fitriyani, H. (2013). Profil berpikir matematis rigor siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 3 (1).
Goethals, P. L. (2013). The pursuit of higher-order thinking in the mathematics classroom: A review. New York: Springer.
Greiff, S. & Fischer, A. (2013). Measuring complex problem solving: An educational application of psychological theories. Journal for Educational Research Online, 5 (1), 38-58.
Karatas, I. (2013). The effect of learning environments based on problem solving on students’ achievement of problem solving. International Electronic Journal of Elementary Education, 5 (3), 249-268.
Lorenzen, J. K. (2017). The Effect Of Instructional Strategies on Math Anxiety and Achievement: A Mixed Methods Study of Preservice Elementary Teachers. Published Dissertation. USA: University of Southern Mississippi.
Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1992). Analisis data kualitatif buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Nold, H. (2017). Using critical thinking teaching methods to increase student success: An action research project. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 29 (1), 17-32.
OECD. (2013). PISA 2012 assessment and analytical framework: mathematics, reading, science, problem solving and finacial literacy. Finlandia: OECD Publishing.
Oktaviyanthi, R. (2011). Profil Daya Matematis Siswa Ditinjau dari Kecenderungan Kepribadian. Tesis tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Oktaviyanthi, R. (2015). Kajian Model Pembelajaran: Pendekatan Cognitive Apprenticeship Model Case Based Reasoning dalam Pembelajaran Matematika. Artikel dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika 2015, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.
Oktaviyanthi, R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif, Pengambilan Keputusan dan Self-directed Learning Mahasiswa Pendidikan Matematika Melalui Pembelajaran Cognitive Apprenticeship Berbantuan Self-paced Video. Disertasi tidak dipublikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.
Oktaviyanthi, R. & Agus, R. N. (2018). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru melalui keterampilan fungsional matematis. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11 (1).
Orosco, M. J. (2014). Word problem strategy for latino english language learners at risk for math disabilities. Learning Disability Quarterly, 37 (1), 45-53.
Samo, D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa tahun pertama pada masalah geometri konteks budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4 (2), 141-152.
Seyhan, H. G. (2015). The effects of problem solving applications on the development of science process skills, logical thinking skills and perception on problem solving ability in the science laboratory. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 16 (2).
Stacey, K. (2012). The International Assessment of Mathematical Literacy. 12th International Congress on Mathematical Education, COEX, Seoul, Korea.
Taylor, J. A. & McDonald, C. (2007). Writing in groups as a tool for non-routine problem solving in first year university mathematics. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 38 (5), 639-655.
Ulvah, S. & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau melalui model pembelajaran SAVI dan konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2 (2), 142-153.
Yew, W. T. & Zamri, S. N. A. S. (2016). Problem solving strategies of selected pre-service secondary school mathematics teachers in Malaysia. The Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 4 (2), 17-31.
Young, C. (2014). The problem solution framework. Melbourne: Victoria University.
Yudianto, E. (2015). Karakteristik antisipasi analitik siswa SMA dalam memecahkan soal integral. Saintifika, 17 (2), 34-39.
DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.7066.163-184
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in: